A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Only variable references should be returned by reference

Filename: core/Common.php

Line Number: 257

Si Kecil Alami Sakit Perut? Berikan Pertolongan Pertama Ini Bunda | Panduan Bunda

ARTIKEL

Si Kecil Alami Sakit Perut? Berikan Pertolongan Pertama Ini Bunda

Oct 08, 2018 3:34pm

Sakit perut merupakan rasa sakit yang muncul di antara bagian dada, panggul dan area perut. Hampir semua orang pernah mengalami sakit perut, tidak terkecuali anak-anak. Sakit perut pada anak umumnya ringan, namun terkadang juga bisa menjadi pertanda gangguan kesehatan yang serius. Banyak hal yang dapat menjadi penyebab anak sakit perut diantaranya karena mananan dan minuman yang terpapar bakteri. Untuk itu ada baiknya bunda mengenali gejala-gejala sakit perut pada anak dan apa yang harus dilakukan jika anak mengalami sakit perut.

 

  1. Kompres air hangat

Kompres secara berkala perut si kecil dengan menggunakan botol yang berisi air hangat atau bantal pemanas dengan posisi berbaring, guna membantu meningkatkan aliran darah ke permukaan kulit yang dapat mengurangi rasa nyeri yang muncul di perut. Biarkan si kecil beristirahat, hindari aktivitas fisik yang terlalu berat.

 

  1. Berikan makanan dan minuman yang menetralkan perut

Berikan makanan dan minuman yang hambar dan tidak memiliki rasa yang kuat terlebih dahulu serta hidari makanan berlemak untuk menetralisir perut agar kembali berfungsi normal dan mengurangi rasa mual. Bunda dapat memberikan air putih sedikit demi sedikit namun sering, kaldu ayam dan jus buah cair juga makanan lunak seperti bubur, biskuit dan roti. Hindari makanan berminyak dan pedas karena sulit dicerna. Oh ya Bun, pastikan Bunda berikan makanan dengan porsi sedikit namun sering ya.

 

  1. Beri ramuan alami untuk mengurangi sakit perut

Bunda bisa berikan yoghurt untuk si Kecil saat ia mengalami sakit perut, yoghurt mengandung probiotik yang berkualitas sekaligus memiliki bakteri alami yang dapat membantu meringankan sakit perut. Selain itu, Bunda juga bisa buat ramuan jahe hangat, karena jahe dapat membantu mengendurkan otot-otot halus yang membentuk lapisan perut dan dinding usus sehingga efektif meringankan kram perut dan kolik, jahe juga dapat mencegah peradangan.

 

  1. Berikan pijatan lembut

Sakit perut bisa jadi karena terlalu banyak gas yang berkumpul di dalam perut si Kecil. Lakukan pijatan lembut di sekitar perutnya. Caranya, tekan perlahan jari kita di dekat tulang rusuk sebelah kanan dan lakukan pijatan lembut memutar dari tulang rusuk ke arah perut bawah.

 

  1. Konsultasi pada dokter

Jika pertolongan pertama yang bunda lakukan tidak mebuahkan hasil atau bahkan muncul gejala lainnya seperti rasa nyeri yang terus menerus dan tidak hilang setelah 24 jam, muntah, diare disertai demam segeralah bawa si kecil untuk berkonsultasi dengan dokter.

 

Tags:

Halaman