A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Only variable references should be returned by reference

Filename: core/Common.php

Line Number: 257

Ini Dia 6 Etika Kesopanan Yang Harus Dimiliki Anak! | Panduan Bunda

ARTIKEL

Ini Dia 6 Etika Kesopanan Yang Harus Dimiliki Anak!

Jan 07, 2019 5:54pm

Setiap ayah dan bunda pasti menginginkan anak-anaknya tumbuh menjadi anak yang baik dan memiliki budi pekerti serta sopan santun. Anak seperti halnya selembar kertas putih yang belum diisi dengan tulisan sama sekali, jadi tulisan apa yang akan terukir diatas kertas tersebut kembali kepada apa yang ayah dan bunda torehkan juga apa yang dia dapat dari lingkungan sekitarnya. Yuk bunda mulai ajarkan si kecil etika bersopan santun sedini mungkin, dimulai dari rumah.

 

  1. Menghormati yang lebih tua

Ajarkan untuk menghormati yang lebih tua, bekali anak dengan sopan santun, tutur kata yang baik. Jika bertemu dengan teman ayah dan bundanya, kakek dan nenek, guru serta saudara yang lebih tua ajarkan anak untuk menyapa, memberi salam, berjabat tangan dan bersikap ramah.

 

  1. Maaf, Tolong dan Terimakasih

Selalu pergunakan tiga kata sakti dalam menerapkan etika kesopanan pada anak. Biasakan anak untuk mengucapkan “maaf “ ketika dia melakukan kesalahan, berkata “tolong” ketika iya menginginkan sesuatu dan berucap “terimakasih” untuk segala sesuatu yang sifatnya membantu atau ketika dia mendapatkan sesuatu. Ajarkan berulang dan berikanlah contoh dalam keseharian, maka anak akan terbiasa untuk mengucapkan tiga kata sakti tersebut.

 

  1. Ajarkan sapa dan salam

Buatlah anak terbiasa menyapa dan mengucap salam jika bertemu dengan sanak keluarga, teman, guru, dan saudaranya terutama yang lebih tua. Ajarkan untuk mengetuk pintu dan memberikan salam terlebih dahulu ketika akan masuk kerumah sendiri atau rumah orang lain yang didatangi.

 

  1. Beritahu tata cara di meja makan

Mengajarkan anak untuk tetap duduk dengan tenang saat waktunya makan, tidak berbicara dan mengeluarkan suara, tidak mengeluarkan bunyi-bunyian misalnya yang berasal dari peralatan makan dan biasakan untuk membantu membereskan peralatan makan setelah selesai.

 

  1. Menghormati dan menghargai sesama

Ajarkan anak untuk selalu bisa memahami dan juga menghormati sesamanya. Dengan demikian anak akan tahu bahwa ia dan teman-temannya punya hak yang sama. Norma kesopanan ini akan membantu mencegah terjadinya bullying pada anak-anak.

 

 

 

  1. Meminta Izin

Biasakan anak untuk meminta izin terlebih dahulu ketika hendak menggunakan sesuatu atau meminta sesuatu yang dia inginkan dan juga ketika hendak melintas atau lewat didepan orang yang lebih tua.

Tags:

Halaman