A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Only variable references should be returned by reference

Filename: core/Common.php

Line Number: 257

5 Dampak Memberikan Gadget Pada Anak | Panduan Bunda

ARTIKEL

5 Dampak Memberikan Gadget Pada Anak

Jan 08, 2019 12:20pm

 

Segala sesuatu pasti ada dampak baik dan dampak buruknya, begitu juga dengan memberikan gadget pada si kecil, tentu saja akan ada efek yang ditimbulkan. Apa saja efek baik dan buruk memberikan gadget pada si kecil dan bagaimana cara mengatasinya. Simak yuk bunda

 

  1. Kecanduan dan agresif

Tidak bisa dipungkiri bahwa konten yang tersedia pada aplikasi gadget baik itu berbentuk game atau tontonan yang biasa di akses menggunakan internet dapat membuat kecanduan dan menimbulkan sifat agresif pada anak jika orang tua tidak mengontrol kapan waktunya main gadget dan apa jenis tontonan atau permainan yang di mainkan anak. Tayangan – tayangan yang berisi kekerasan beresiko membuat anak menjadi lebih agresif, semakin sering anak terpapar tanyangan kekerasan maka semakin besar pula kemungkinan anak menjadi lebih agresif kepada orang–orang disekitarnya. Terkadang karena kesibukannya, justru orang tua sendiri yang secara tidak langsung membuat anak kecanduan gadget, karena tidak mau repot anak rewel supaya cepat diam diberi gadget, namun ketika timbul perilaku agresif, orang tua juga yang memarahi anaknya. Nah, mulai sekarang, ayah dan bunda bisa mencegah hal ini terjadi dan semakin berlarut, dengan membatasi watu penggunaan gadget untuk si kecil, misalnya anak hanya diberikan gadget ketika akhir pekan dan hanya 3 jam dalam sehari.

 

  1. Obesitas dan gangguan fungsi mata

Selain menjadi kecanduan dan dapat membuat anak menjadi agresif, terpapar pencahayaan dari gadget yang terus menerus selama berjam-jam tanpa henti akan mengganggu fungsi mata pada anak. Ayah dan bunda pasti tidak menginginkan anak sejak kecil sudah berkaca mata akibat penggunaan gadget yang berlebihan. Selain itu gadget dapat membuat anak menjadi obestitas karena kurang gerak dan beraktifitas, kerjanya hanya bermalas-malasan menatap layar gadgetnya. Untuk menghindari hal tersebut bunda dapat meluangkan waktu sejenak untuk bermain bersamanya dengan membuat permainan yang menarik dan kreatif untuk si kecil misalnya membuat rumah dari kardus bekas, yang akan membuat si kecil asik berimajinasi dan melupakan sejenak gadgetnya.

 

  1. Menjadi anti sosial

Usia anak-anak membutuhkan banyak waktu untuk bersosialisasi yang berguna untuk tumbuh kembang dan menumbuhkan rasa percaya diri. Terlalu sering memegang dan menatap layar gadget membuat anak asik sendiri dengan dunianya dan lupa akan sekelilingnya. Lupa bahwa dia harus berinteraksi dengan orang lain disekitarnya serta bermain dengan teman sebayanya. Ayah dan bunda sebaiknya menyempatkan waktu untuk mengajak anak bermain dengan saudara, bermain ke rumah teman sekolahnya atau pergi ke arena bermain dengan begitu si kecil akan bersosialisasi selain dengan gadgetnya.

 

  1. Kreatifitas, kemampuan berbahasa dan merangsang indera serta motorik

Gadget tidak hanya memiliki dampak negatif atau merugikan bagi anak, gadget juga punya dampak positif. Gadget dapat membuat anak menjadi kreatif dan mengasah serta menambah kemampuan berbahasanya. Misalnya salah satu tokoh yang disukainya di gadget yang biasa iya mainkan akan membuat si kecil ingin menggambar tokoh tersebut sehingga motorik halusnya akan bekerja dan imajinasinya akan berkembang bahwa tokoh yang digambarnya sedang bermain bersamanya. Selain itu metode melihat dan mendengar merupakan cara yang efektif untuk anak belajar bahasa dan merangsang indera penglihatan dan pendengarannya. Dengan selalu melihat gambar dan mendengarkan nama benda tersebut disebutkan maka jangan heran jika jumlah kosakata dalam bahasanya akan bertambah, akan tetapi ayah dan bunda harus tetap mengontrol apakah tokoh yang dia sukai dan bahasa yang dipelajarinya dari gadget khusus untuk anak seusianya atau bukan.

 

  1. Membantu tugas sekolah

Semakin bertambah tahun semakin pesat kemajuan teknologi juga berpengaruh dengan tugas-tugas yang diberikan oleh sekolah untuk anak. Dengan bantuan gadget, ayah dan bunda dapat memperoleh referensi untuk menyelesaikan tugas yang diberikan sekolah, dengan hanya mengetikan kata kunci pada mesin penelusuran maka semua informasi yang terkait akan langsung muncul, misalnya bagaimana cara membuat origami.

Tags:

Halaman