A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Only variable references should be returned by reference

Filename: core/Common.php

Line Number: 257

5 Cara Hidup Bersih Agar Anak Selalu Sehat | Panduan Bunda

ARTIKEL

5 Cara Hidup Bersih Agar Anak Selalu Sehat

Jan 07, 2019 5:51pm

Sama halnya dengan orang dewasa, kesehatan anak merupakan suatu yang sangat penting, namun penyakit yang tiba-tiba menjangkit terkadang tidak bisa dihindari. Untuk itu ada baiknya bunda selalu menerapkan hidup bersih, agar anak-anak selalu sehat dan bahagia dengan beberapa cara berikut.

 

  1. Mandi teratur

Menjaga kebersihan tubuh dengan mandi, menggosok gigi dan mengganti pakaian secara teratur serta memotong kuku merupakan salah satu cara hidup bersih yang selalu harus bunda terapkan pada si kecil. Dengan begitu kuman penyakit tidak cepat berkembang biak pada tubuhnya.

 

  1. Mencuci tangan

Ajarkan anak untuk selalu mencuci tangannya sehabis berkegiatan seperti bermain, menyentuh benda yang kotor dan hewan peliharaan serta sebelum dan sesudah makan. Mencuci tangan dengan menggunakan sabun agar terhindar dari berbagai macam kuman penyakit karena kuman cepat sekali menyebar melalui sentuhan dengan tangan yang kotor.

 

  1. Pilih makanan dan minuman

Jajan dan makan sembarang jenis makanan dan minuman terutama yang dijual bebas merupakan salah satu penyebab gangguan kesehatan anak, dapat menyebabkan diare dan infeksi bakteri. Ada baiknya bunda membuatkan bekal makanan dan minuman sendiri dari rumah yang sudah tentu lebih bersih, sehat dan memiliki gizi yang seimbang agar anak tumbuh sehat dan bahagia.

 

  1. Lingkungan sehat dan bersih

Mengajak dan mengajarkan anak tentang kesadaran menciptakan lingkungan yang bersih sejak dini sangatlah penting, agar kesadaran tersebut bisa tumbuh dan berkelanjutan hingga dewasa. Membiasakan hidup bersih sejak usia anak-anak akan berdampak baik untuk kehidupannya kedepan. Dimulai dari hal yang kecil seperti mengenalkan anak pada tempat sampah dan mengajarkannya membuang sampah pada tempat yang telah disediakan.

 

  1. Hindari sumber penyakit

Sumber penyakit bisa berasal dari mana saja, namun bunda dapat mengurangi dan menghindari sumber penyakit misalnya dengan menjauhkan anak dari asap rokok, dan tidak mengajak anak dibawah umur ke rumah sakit (meskipun menjenguk adiknya sendiri/ menengok bayi baru lahir) karena tak seperti orang dewasa, anak anak terutama yang berusia di bawah 12 tahun memiliki daya tahan tubuh yang belum cukup kuat, sedangkan rumah sakit adalah tempat yang banyak dihinggapi berbagai jenis organisme penyebab penyakit. Mulai dari bakteri, virus, kuman, hingga toksin.

Tags:

Halaman