A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Only variable references should be returned by reference

Filename: core/Common.php

Line Number: 257

4 Tips Sukses Ajarkan Anak Berani Tampil Di Depan Umum | Panduan Bunda

ARTIKEL

4 Tips Sukses Ajarkan Anak Berani Tampil Di Depan Umum

Jan 07, 2019 6:41pm

Si kecil terkadang malu jika bertemu dengan orang yang baru dikenalnya atau tidak berani tampil didepan umum misalnya saat sekolahnya mengadakan pentas seni. Merupakan hal yang wajar bunda, karena setiap anak itu unik, satu sama lain tidak akan sama jadi sebaiknya tidak membanding-bandingkan si kecil dengan anak lainnya. Begitu juga ketika si kecil malu untuk tampil didepan umum, lebih baik bunda melatihnya daripada harus membandingkannya dengan anak lain. Berikut beberapa cara melatih si kecil untuk berani tampil didepan umum

 

  1. Pupuk rasa percaya dirinya

Kepercayaan diri adalah kunci utama untuk anak berani tampil didepan umum. Perlahan ajarkan anak untuk melawan rasa takut dan malunya sehingga lama kelamaan akan tumbuh rasa kepercayaan terhadap dirinya. Upayakan untuk membiasakan anak mandiri dengan melakukan tugasnya sendiri, berilah semangat bahwa dia pasti dapat melakukannya. Selalu dukung dan biarkan anak melalukan apa yang ingin dia kerjakan dan yang terpenting jangan sebut dirinya pemalu yang tanpa disadari cap pemalu tersebut akan terbawa hingga dia besar benar-benar akan menjadi sosok yang pemalu dan kurang percaya diri.

 

  1. Berinteraksi dengan orang lain disekitarnya

Ayah dan  bunda dapat mengajak si kecil lebih sering berinteraksi dengan orang lain selain anggota keluarga inti, buatlah jadwal untuk bertemu dengan saudara, teman-teman ayah dan bunda yang memiliki anak seusianya atau teman sekolahnya. Dengan begitu akan terpupuk interaksi dengan orang lain yang lama kelamaan akan menumbuhkan keberaniannya.

 

  1. Ajarkan untuk selalu berani

Ajarkan sapa dan salam, ajarkan bagaimana cara menjawab yang baik jika ditanya dan bagaimana sebaiknya bersikap ketika berhadapan dengan orang lain. Beri kesempatan pada anak untuk menghilangkan rasa malunya dengan caranya sendiri misalnya biarkan anak menjawab pertanyaan yang diberikan padanya.

 

  1. Ajak mengikuti lomba dan les

Sebagai orang tua, ayah dan bunda tentu paham apa yang menjadi hobi dan kesukaan anak, misalnya si kecil suka menggambar atau menyanyi. Bunda dapat mengikutsertakan si kecil pada kegiatan lomba dan les, lama kelamaan si kecil akan terbiasa berinteraksi dengan banyak anak lainnya sehingga dapat menumbuhkan rasa percaya dirinya dan menumbuhkan keberaniannnya tampil didepan umum.

 

Tags:

Halaman