A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Only variable references should be returned by reference

Filename: core/Common.php

Line Number: 257

4 Manfaat Disiplin Waktu pada Anak | Panduan Bunda

ARTIKEL

4 Manfaat Disiplin Waktu pada Anak

Jan 07, 2019 5:32pm

Mengenalkan dan mengajarkan anak untuk disiplin waktu sejak dini sangat bermanfaat bagi kehidupannya dikemudian hari. Disiplin waktu bukanlah hal yang mudah dilakukan, orang dewasa sekalipun terkadang sulit melakukannya, namun bunda mulai bisa mengenalkan budaya disiplin termasuk waktu sejak dini, agar tertanam hingga kelak si kecil tumbuh dewasa.

1. Memupuk kemandirian Menjadikan anak mandiri ketika dirinya beranjak dewasa, salah satunya berawal dari disiplin waktu yang ditanamkan orang tuanya sejak dini. Terkadang tanpa kita sadari, setiap yang akan dilakukan anak selalu dibantu orangtuanya yang berakibat anak menjadi ketergantungan. Sejak dini bunda bisa melatih anak menjadi mandiri dengan melatih disiplin waktu kapan dia harus main, mandi, makan dan belajar, lalu biarkan dia melakukan pekerjaan yang mampu dia lakukan sendiri namun selalu dalam pengawasan, misalnya biarkan anak mandi dan memakai sabun sendiri, meletakkan baju kotor ketempatnya, mencuci tangannya sendiri sebelum makan dan setelah makan meletakkan piring kotor pada tempatnya. Dengan begitu hingga dewasa anak akan terlatih mandiri dengan sendirinya.

2. Memiliki rasa tanggung jawab Ayo bunda latih anak disiplin dan menghargai waktu agar kelak anak memiliki rasa bertanggung jawab atas apa yang dilakukannya. Setiap anak memiliki tanggung jawab sesuai dengan usia dan kemampuannya, kita sebagai orang tua harus pandai mengarahkannya. Lakukan mulai dari hal yang paling kecil misalnya ketika pulang sekolah, beri waktu anak bermain sebentar setelah itu beritahu dia kalau sudah waktunya membereskan mainan, tidur siang dan setelah bangun tidur waktunya mandi, belajar dan makan, lakukan secara teratur maka lama kelamaan anak akan terbiasa disiplin waktu untuk tidur siang dan bertanggung jawab atas mainan yang harus dia bereskan.

3. Mampu mengelola waktu dengan baik Dengan mengajarkan disiplin waktu sejak dini, ketika dewasa anak akan terbiasa mengelola waktunya dengan baik. Ayah dan bunda pasti akan merasa bangga dan bahagia melihatnya ketika si kecil tumbuh dewasa dia dapat melakukan segala hal dengan tertata dan teratur. Hal ini tentu saja tidak lepas dari peranan penting ayah dan bunda yang selalu diawali dengan menjadi contoh atau role model bagi si kecil.

4. Mencapai tujuan Anak yang terbiasa disiplin sejak dini akan terus mengembangkan kedisiplinannya hingga dewasa. Disiplin waktu lambat laun akan mengajarkan anak bahwa dengan melakukan semua kegiatan secara teratur dan tepat waktu dia dapat mencapai apa yang diingkannya. Misalnya dengan belajar teratur maka dia akan mendapatkan nilai yang bagus.

Tags:

Halaman

Artikel Terkait